SHARE

Bandung, Syurganya tempat Wisata

Bandung, syurganya tempat wisata. Waduh, kalau sudah disebutkan kata Syurga pasti yang kebayang dipikiran kita adalah segala kenikmatan dunia. Bayangkan jika sebuah tempat dipenuhi dengan aneka macam tempat wisata, rasanya tidak terlalu berlebihan bila kita padu-padankan dengan kata syurga, bukan?

Iklan, lihat harga paket wisata bali

Bagaimana jika di suatu tempat berkumpul bermacam-macam tempat wisata dari mulai wisata alam, wisata pegunungan, wisata perairan, wisata belanja, wisata permainan, wisata kuliner, wisata edukasi, wisata seni, wisata religi, wisata berkuda, wisata sejarah, wisata petik buahserta wisata untuk kesehatan. Wah, memangnya ada tempat seperti itu? Ada, Bandung namanya, syurganya tempat wisata! Oke deh, langsung saja kita uraikan bersama Tempat Wisata Bandung yang oke punya!

1. Gunung Tangkuban Perahu

wisata-gunung-tangkuban-perahu

Gunung Tangkuban Perahu yang masyur dan melegenda karena ceritanya kini tak hanya melegenda karena cerita di dalamnya itu tetapi juga melegenda karena kemolekan alamnya. Bagi para pelancong yang ke Bandung dan ingin menikmati keasrian daerah pegunungan, maka Gunung Tangkuban Parahu wajib untuk dikunjungi. Bagi saya pribadi, selain indahnya alam, cerita di baliknya serasa punya taste tersendiri.

Bagaimana tidak, bentuk gunung yang unik seperti perahu, seolah menjadi bukti raksasa dari sebuah perahu yang katanya ditendang hingga telungkup oleh Sangkuriang. Bener gak sih mirip perahu atau Cuma dimirip-miripin aja biar sama dengan legendanya? Penasaran? Ayo ke Tangkuban Perahu! Dari kota Bandung, sobat hanya perlu bertolak ke utara sejauh 20 KM, tepatnya di daerah Lembang.

2. Trans Studio Bandung

Nah, selain wisata alam, Bandung juga punya tempat wisata permainan modern lho. Lengkap banget kan untuk dijadikan destinasi wisata. Dari yang pertama lihat Trans Studio Bandung cuma dari Televisi, saya sudah gregetan banget pingin nyobain langsung lebih dari 20 jenis permainan yang semuanya di dalam ruangan lho! Jadi bukan seperti pasar malam ya, yang bisa panas-panasan dan basah-basahan.

Trans Studio Bandung juga jadi semakin meraksasa setelah dinobatkan sebagai area wisata permainan dalam ruangan terbesar di dunia. Wiih, jadi makin tertarik nih. Lebih daripada itu, kawasan permainan Trans Studio Bandung juga terintegrasi dengan Trans Studio Mall dan Hotel-hotel kelas internasional. Perfek!

3. Kawah Putih Ciwidey

Bagi saya Kawah Ciwidey ini adalah salah satu tempat yang sangat istimewa. Sebagai penyuka warna putih yang terkesan romantis, tempat ini memang luar biasa, mempesona bak perawan jelita. Kawah Vulkanik dengan tanah khas putihnya benar-benar menarik hati untuk tak henti-henti menikmati keindahannya. Kenapa sih warnanya bisa putih gitu? Ternyata kawah ini mengandung belerang.

Jadi bukan sulap bukan sihir ya, murni ciptaan Ilahi. Selain tanahnya yang berwarna putih, keunikan lainnya ada pada airnya. Konon katanya airnya bisa berubah warna loh. Gak percaya? Ayo kesini! Air yang berwarna hijau keputih-putihan yang diselimuti kabut dan dikelilingi pasir putih, membuat suasana seakan tempat itu diselimuti salju. Luar biasa deh! Letaknya 50 KM sebelah selatan Bandung.

Jadi gak ada salahnya banget kamu bertolak ke-Selatan, mumpung ada di Bandung, kan? Pokoknya cocok banget deh untuk Pre-Wedding. Tapi jujur lho, sebagai orang luar Bandung, saya pertama kali mengenal Kawah Ciwidey ini karena foto Pre-Wedding di internet, entah siapa, saya juga lupa. Hihi. Makanya gak heran kalau ini adalah salah satu tempat impian saya untuk Pre-Wedding. Hehehe. Tak hanya itu sobat, keindahan kawah putih juga dilengkapi dengan dataran tinggi disekitarnya yang hijau dan asri. Waduh perfek banget deh kalau warnanya dikontraskan.

4. Kebun Strawberry Ciwidey

wisata-kebun-strawberry-ciwedey

Tempat Wisata di Bandung selanjutnya adalah Kebun Strawberry Ciwidey. Siapa yang tidak tertarik dengan buah yang satu ini? Dengan warnanya yang merah cerah berbintik hitam kecil, bentuknya yang mungil dan rasanya manisnya yang khas, membuat semua orang merasa “gemes” dengan buah yang satu ini. Strawberry.

Di kebun Strawberry Ciwidey kamu dapat mengajak seluruh anggota keluarga berwisata memetik strawberry. Kamu dapat melihat langsung bagaimana strawberry itu tumbuh sambil memetiknya. Dan harga strawberry yang harus kamu bayar seberat buah yang kamu petik. Wah!

5.Danau Situ Patenggang

wisata-danau-situ-petenggang

Ini yang namanya satu paket. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa yang cocok untuk menggambarkan letak lokasi Danau Situ Patenggang dan Kawah Putih Ciwidey. Inilah hebatnya Bandung, Tempat Wisata di Bandung ini seakan bertumpuk-tumpuk. Sama-sama terletak di Bandung Selatan, kamu hanya perlu menempuh 7 KM lagi dari Kawah Putih Ciwidey untuk menuju ke tempat ini. Dan katanya sih, suasana di Danau Patenggang ini romantis banget.

Pasalnya ada daratan kecil di tengah danaunya, namanya pulau cinta. Dan untuk sampai kesana, kamu bisa menggunakan perahu kecil. So sweet. Danau Situ Patenggang cocok sekali dijadikan destinasi wisata bagi keluarga maupun pasangan. Kamu dan keluarga dapat menikmati pemandangan danau sambil menaiki perahu.

6. Gedung Sate

Dulunya sih cuma lihat gambarnya di buku sejarah aja. Gedung sate namanya. Suer deh saya pribadi penasaran banget kenapa namanya Gedung sate. Yang sama penasarannya, kalau ke Bandung, jangan lupa puaskan rasa ingin tahu kamu ya. Gedung yang sampai saat ini masih dijadikan sebagai tempat kegiatan pemerintahan iniwelcome kok sama pengunjung. Yang pastinya kamu bisa berfoto dan menghilangkan rasa penasaran kamu, hehe.

7. Landmark Braga

wisata-landmark-braga

Masih bertemakan histori, kali ini Bandung akan memperlihatkan sisi kotanya yang tidak berubah sama seperti di masa lalu. Tata bangunan sisa masa kolonial dahulu basih tetap berdiri kokoh ditengah modernnya kota Bandung sekarang ini. Maka tak salah jika tempat ini kemudian disebut “Bandung Tempoe Doeloe”. Jika anda penasaran dengan suasana kota di masa lalu, Landmark Braga sebagai Tempat Wisata Di Bandungakan memberikan anda jawaban dari rasa penasaran anda.

8. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Lho, kok ITB? Bukannya itu nama kampus? Emang nama kampus, tapi jangan salah, ITB juga jadi sarana wisata edukasi lho di Bandung. Bagaimana tidak, dengan segudang prestasinya untuk negeri ini, tentu banyak orang yang ingin melihat bagaimana kampus terpopuler di Indonesia ini secara langsung. Oleh karena itu, setiap tahunnya ITB selalu dikunjungi oleh para wisatawan yang mengadakan study tour.

9. Kebun Binatang Bandung

Bagi sebagian orang, Kebun Binatang masih menjadi salah satu destinasi primadona setiap liburan tiba. Apalagi bagi anak-anak dan orang tua yang punya jiwa mendidik bagi anaknya. Maka kegiatan liburan tidak hanya digunakan untuk bermian namun perlu adanya hiburan yang mendidik, salah satunya adalah kebun binatang. Bandung punya solusinya. Berlokasi di dekat ITB dan dengan tiket masuk hanya sebesar 20.000 rupiah perorang, rasanya tidak ada ruginya kamu membawa anggota keluargamu mengunjungi tempat ini. Mari berwisata sambil belajar!

10. Saung Angklung Udjo

Masih bertemakan edukasi, Saung Angklung Udjo menawarkan keindahan seni kepada pelancong, khususnya kesenian dan kebudayaan Sunda yang berfokus pada keindahan alat musiknya yang terbuat dari bambu. Apalagi kalau bukan Angklung. Saat ini dengan semakin modernnya dunia, alat musik juga turut memodrenkan diri hingga segalanya jadi bernuansa elektronik dan elektrik. Kesenian musik tradisional sudah mulai dilupakan.

Bagi kamu yang orang Sunda asli sepertinya wajib untuk mengunjungi dan menjadikan Saung Angklung Udjo ini sebagai Tempat Wisata di Bandung. Ajak juga sanak famili yang masih anak-anak agar mereka lebih mengenal kesenian musik tradisional dari daerahnya. Dan bagi pelancong luar Bandung, mengenal kesenian alat musik tradisional Sunda sama sekali tidak ada salahnya dan merugikan, apalagi bagi kamu yang berjiwa seni dan pendidik. Ditempat ini, selain kamu dapat menikmati pertunjukan pentas seni, kamu juga akan disuguhkan dengan wayang golek, tari topeng, helaran dan pastinya pertunjukan orkestra Angklung.

11. Museum Geologi Bandung

Masih di ranah wisata edukasi, kali ini Bandung sebagai syurganya tempat wisata menyuguhkan wisata edukasi yang bertema geologi. Disini kamu dapat melihat berbagai jenis fosil makhluk hidup zaman dahulu dan yang pasti paling menarik adalah fosil Dinosaurus. Nah, daripada berdebat tentang keberadaan Dinosaurus pada masa lalu, mending kamu pergi ke Museum Geologi Bandung dan lihat sendiri bagaimana fosil Dinosaurus itu! Tempat ini cocok sekali untuk orang tua dan para guru yang ingin memperdalam pengetahuan sejarah anak-anaknya. Ampuh deh, Bandung gak ada matinya!

12. Curug Dago

Bagi orang luar Bandung pasti bertanya-tanya, curug itu apaan sih? Curug itu adalah nama lain dari air terjun sobat. Nah siapa yang suka basah-basahan di air terjun? Bandung nih syurganya. Dengan tinggi sekitar 10 meter, air jenih dan gemericiknya serta keindahan alam hijau yang menyelimuti kawasan ini, rasa segarnya pasti gak akan habis-habis deh. Bayangkan lagi, dari jarak 200 meter aja sudah terdengar gemericik airnya.

Sueger tenan!Jadi cocok banget sebagai Tempat Wisata di Bandunguntuk menyegarkan pikiran kita yang sudah mulai gersang ya.Hehe. Dan jangan lupa bawa juga sanak famili kamu jika ingin mengunjungi tempat ini, pasti gak nyesel deh. Terletak di Daerah Dago, sama seperti namanya, di Kecamata Coblong, Bandung.

13. Pasar Baru Trade Center

wisata-pasar-baru-trade-center

Penasaran dengan sebuah pasar di Bandung yang katanya favoritnya orang Malaysia? Saya juga penasaran karena sering lihat beritanya di TV. Tapi, seriusan, emangnya ada? Ada! Kali ini Bandung menyediakan pusat perbelanjaan yang diburu terutamaoleh ibu-ibu. Sale! Sale! Sale! Apalagi kalau bukan belanja murah, hihi. Buat yang mau bawa pulang baju dan aksesoris dari kualitas lokal sampai impor untuk sanak famili dalam jumlah banyak tapi gak bolongin kantong, Pasar Baru adalah solusinya. Semakin kamu pintar menawar dan merayu pedagangnya, dijamin sukses deh belanja murahnya!

14. Rumah Mode

Masih tentang wisata belanja. Bagi kamu yang ingin berbelanja barang dengan harga miring namun ingin tetap berada dalam suasana nyama dan tidak ingin berdesak-desakan, maka Bandung tentu juga punya solusinya. Rumah Mode sebagai Tempat Wisata di Bandungmenawarkan sensasi belanja nyaman tapi dengan harga miring. Sebagai Factory Outlet terbesar dan terlengkap di Bandung, bagi kamu yang suka berwisata belaja pasti gak akan mikir dua kali untuk menyambangi Rumah Mode

15. Bandung Elektronic Center

Kali ini Bandung sebagai Syurganya tempat wisata benar-benar memanjakan para pelancong yang hobi belanja khususnya belanja alat-alat elektronik. Di Bandung ada sebuah tempat yang menjadi pusat perbelajaan alat-alat elektronik dari berbagai merek dan yang pastinya dengan harga yang miring. Wah, memang ada? Penasaran? BEC yang terletak di Jalan Purnawarman No. 13-15, Bandung ini tidak pernah sepi pengunjung lho. Belanjaaa, belanjaa, ayo belanja

16. Cihampelas Walk (Ciwalk)

Masih kurang? Belum puas belanjanya? Mau belanja dengan sensasi lain? Bandung punya! Namanya Cihampelas Walk. Terletak di Jalan Cihampelas No. 160 Bandung ini benar-benar menawarkan belanja dengan sensasi lain. Di tempat ini kamu bisa berbelanja sambil melihat taman bunga yang tertata sangat cantik disisi-sisi kawasan ini. Menarik bukan? Belanja sambil cuci mata nih!

17. Floating Market Lembang

Belum cukup? Mau belanja dengan sensasi lebih lagi? Wah jangan khawatir, di Bandung ada namanya Floating market Lembang. Disini kamu bisa berbelaja dengan cara yang sangat unik. Belanja di atas perahu. Jamin deh, pasti ini adalah kali pertama kamu ngerasain belanja di atas perahu. Yup, benar. Di Pasar Terapung ini, kamu bisa berbelaja tetapi di atas perahu. Area perbelanjaan unik ini berdiri mengapung di atas sebuah danau nan cantik di Jalan Grand Hotel No. 33 E Lembang. Namun, karena ini merupakan tempat wisata bukan tempat berbelanja layaknya pasar, maka yang dijual juga merupakan makanan khas Bandung yang dijamin akan menggoyang lidah anda.

18. Paris Van Java

Tak kalah menariknya dari Ciwalk, Bandung punya Paris Van Java atau PVJ. PVJ adalah sebuah kawasan wisata yang di dalamnya kamu dapat menemukan perpaduan unik dan menarik dari wisata kuliner, belanja, hiburan, Permaina serta Bioskop. Komplet!

19. Observatorium Bosscha

Bandung juga punya destinasi wisata yang bukan hanya sekedar hiburan atau belanja lho. Ada juga destinasi wisata yang bernilai pendidikan. Cocok banget bagi yang menggilai dunia perbintangan. Para orang tua juga tidak ada salahnya mengajak anak-anaknya berwisata sambil belajar ke tempat ini, toh mumpung lagi di Bandung, kan? Nama tempat ini adalah Observatorium Bosscha. Dari Bandung, kamu hanya perlu bertolak sejauh 15 KM ke arah utara. Bagi saya orang luar Bandung, Film “Petualangan Sherina” meninggalkan bekas tersendiri, turut membuat saya penasaran setengah mati sama tempat ini. Bagaimana dengan kamu?

20. De’Ranch Lembang

Pernah melihat aksi para Cowboy di TV? Keren ya? Dibandung juga ada lho tempat yang bisa membuat kamu menjadi cowboy dalam sehari. Namanya De’ranch Lembang. Selain dapat berakasi layaknya seorang cowboy dengan kuda dan segala atributnya, kamu juga dapat menikmati beraneka macam permainan lain seperti Flying Fox, Balon Air, Fun Boat, Loncat Anak, Panahan, Tangkap Ikan, Trampolin, Sepeda Track, The Gold Hunter dan banyak lagi. Jadi masih ada lagi? Ada! Penasaran? Ini nih alamatnya, di Jalan Maribaya No. 17 Lembang, Jawa Barat.

21. Kampung Gajah

Masih di wilayah Bandung Utara, tepatnya di di Jl. Sersan baijuri KM. 3,8, Cihideung, Parongpong, Bandung,kamu akan menemukan kawasan wisata unik yang bagi saya mirip seperti kawasan Trans Studio Bandung tapi versi lain. Jika Trans Studio Bandung adalah Wahana hiburan di dalam ruangan, maka Kampung Gajah adalah kebalikannya.

Dinamakan Kampung Gajah karena besarnya, mengingat tempat ini merupakan tempat berkumpulnya berbagai area wisata mulai dari permainan baik permainan air seperti waterboom, waterpark dan pantai buatan serta permainan darat dengan berbagai atraksi modernnya, wisata belanja, dan wisata kuliner. Pasti gak nyesel deh memboyong seluruh anggota keluarga kamu untuk berwisata ke Kampung Gajah. Dari anak-anak, para ibu, para bapak dan orang tua bisa menemukan hiburannya masing-masing. Klop!

22. Ranca Upas

Mungkin nama Ranca Upas masih belum begitu populer ditelinga kamu. Namun jangan salah, meski belum sepopuler Gunung Tangkuban Perahu atau Kawah Putih Ciwidey, Keindahan Ranca Upas tidak dapat diragukan lagi. Kawasan hijau yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat perkemahan ini tidak hanya dapat dijadikan tempat berkemah namun kamu juga dapat menemukan beraneka jenis permainan yang sangat disayangkan apabila dilewatkan seperti Waterboom, War Games, Fun Games, Water Games, ATV, Kolam Renang Air Hangat dan Penangkaran Rusa Ranca Upas.

Di tempat ini kamu juga bisa melihat Rusa dari jarak dekat. Kawasan yang terletak di daerah Ciwidey ini cocok banget dijadikan tempat wisata bagi keluarga. Lengkap deh!

23. Pemandian Air Panas Ciater

Jika disebutkan Bandung sebagai syurga-nya tempat wisata, maka tidak lengkap rasanya bila tidak ada wisata pemandian air panas. Kali ini, kamu bisa berwisata dengan manfaat selain menghibur dan menyegarkan namun bermanfaat pula bagi kesehatan. Hal ini karena pengaruh dari air belerang yang berasal dari Kawah Gunung Tangkuban Perahu. Wah, gak ada salahnya kan untuk dicoba.

Apalagi kalau kamu kebetulan punya anggota keluarga yang kondisi kesehatannya sedikit memerlukan perhatian khusus, berendam di air panas Ciater pasti akan membantu melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh semakin bugar. Letaknya masih di utara kota Bandung. Kamu hanya perlu bertolak sekitar 30 KM dari kota Bandung.

24. Paskal Food Market

Setelah membahas tentang aneka wisata permainan, edukasi, kesehatan, belanja, maka kurang lengkap rasanya bila Bandung sebagai Syurganya tempat wisata tidak menawarkan wisata kuliner. Bandung yang terkenal akan kelezatan kulinernya memang menarik sekali untuk dijelajahi. Dari sekian banyak kuliner khas Bandung, mungkin tak akan ada habis-habisnya jika kita mencoba satu persatu.

Tapi jangan khawatir, di Bandung ada sebuah tempat yang mengumpulkan segala macam kuliner di satu kawasan besar bernama Paskal Food Market. Kawasan yang berlikasi di Jalan Pasir Kaliki dengan ribuan jenis kuliner yang tersedia, maka tak salah bila Paskal Food Market dinobatkan sebagai pusat kuliner terbesar di Bandung. Penasaran? Laper? Cobain Yuk!

25. Kampung Daun

Tidak kalah mau kalah dari Paskal Food Market, di Lembang, Bandung juga terdapat sebuah destinasi wisata kuliner yang unik banget, Kampung Daun namanya. Sebagai Tempat Wisata di Bandung, Kampung Daun yang terletak di Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Villa Triniti, Lembang, Bandung ini sebenarnya adalah sebuah resto besar dengan suansana seperti pedesaan yang asri dan alami, pokoknya khas banget deh. Gak salah kalau kamu memboyong seluruh anggota keluargamu untuk menikmati suasana makan dengan sensasi yangberbeda.

26. Mesjid Agung Bandung

Kalau gini namanya lengkap sudah bukti bahwa Bandung menjadi syurganya tempat wisata. Tidak ada salahnya bagi para pelancong Muslim untuk mengunjungi Mesjid Agung Bandung. Arsitektur mesjid yang luas nan megah ditambah taman yang tertata indah makin membuat kita terpesona akan kemolekan Mesjid ini. Menariknya lagi, menara kiri dan kanan mesjid yang bila ingin menaikinya saja harus menggunakan Lift ini, kini sudah dibuka untuk umum.

Jadi para pelancong bisa naik dan menikmati keindahan kota Bandung dari atas kedua menara Mesjid Agung Bandung tersebut. Adapun Mesjid ini terletak di Jalan Dalem Kaum No. 14 Alun-alun, Kec. Regol, Bandung.

27. Taman Ghanesa

Bandung sebagai syurganya tempat wisata kali ini menawarkan sebuat tempat wisata yang memperlihatkan keindahan beranekan macam burung. Tempat ini semakin menarik karena fauna burung yang dipelihara di dalamnya adalah burung yang sudah langka dan sulit untuk ditemui. Di tempat konservasi ini, burung-burung tersebut dipelihara dan dilestarikan . Lokasinya pun sangat strategis, terletak di Jalan Ganesha Bandung tepatnya di depan Institut Teknologi Bandung.

Tempat ini juga gratis untuk dikunjungi sehingga tidak ada salahnya kamu mengajak seluruh anggota keluargamu terutama anak-anak untuk melihat keindahan burung-burung yang sudah langka. Karena nilai pendidikannya yang tinggi, rasanya sudah pantas jika kita menjadika Taman Ghanesa ini sebagai salah satu Tempat Wisata di Bandungyang harus dicoba.

Demikianlah Tempat Wisata Bandung yang berhasil kami himpun dalam artikel ini. Dijamin anda tidak akan menyesal menghabiskan liburan anda di Bandung

Selamat berliburan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY